9 Mei 2016

Al-Mu'robaat | المعربات (yang di i'rob)

بسم الله 

الحمد لله 

والصلاة والسلام على رسولله

 المعربات

 
Al-i'robu  adalah perubahan harokat akhir suatu kalimat karena masuknya perubah padanya baik berupa lafadz -yang nyatanya dilafadzkan- atau yang ditaqdirkan (disembunyikan).  Sedangkan kata yang berubah harokatnya (al mu'robaatu), sebagian dengan harokatnya saja dan sebagian yang lain dengan huruf. 

Adapun alma'rubaatu dengan harokatnya ada dalam 4 keadaan :
1. Ismul mufrod
2. Jam'ut taktsir
3. Jam'ul muannatsis saalim
4. Fi'lil mudhoori'u yang shahih, belum bersambung dengan dhomir apapun.

Semua tanda marfu'nya dengan dhommah, kemudian tanda manshubnya dengan fathah, dan tanda makhfudznya dengan kasroh, lalu tanda majzumnya dengan sukun. Tanda-tanda ini adalah harokat. Masing-masing berlaku seperti kecuali pada 3 hal.
a. Jam'ul muannatsis saalim, tanda nashobnya tidak dengan fathah seperti pada umumnya, namun dengan harokat kasroh.
b. Ismul mufrod yang tidak menerima tanwin ( laa yan shoorifu ). Tanda majrurnya tidak dengan kasroh, tapi dengan fathah.
c. Fi'il mudhori yang huruf terakhirnya adalah salah satu dari huruf cacat (ايو) atau dinamakan mu'talul aakhiri, jazmnya bukan dengan sukun tapi dengan menghilangkan huruf terakhirnya.

Dan 4 keadaan alma'rubaa'tu dengan huruuf yakni :
1. Ism yang menunjukkan jumlah dua (Attatsniyyatu)
Tanda rofa'nya dengan huruf alif, sedang tanda nashob dan khofdnya dengan huruf ya'.

2. Ism yang menunjukkan jumlah 3 atau lebih dengan jenis laki-laki (jam'ul mudzakkaris saalimi)
Tanda rofa'nya dengan huruf wawu, sedang tanda nashib dan khofdnya dengan huruf ya'.

3. Ism yang lima (asmaaul khoms) antara lain:
أبوك، وأخوك، وحموك، و فوك، و ذو مالٍ

Tanda rofa'nya dengan huruf wawu, sedang tanda nashobnya dengan huruf alif, kemudian tanda khofdnya dengan huruf ya'.

4. Fi'il yang lima (af'alul khoms) antara lain:  يفعلان، يفعلون، تفعلان، تفعلون، تفعلين
Tanda rofa'nya adalah adanya huruf nun padanya. Sedang tanda nashob dan sukun (jazm)nya dengan menghilangkan huruf nun tadi.



0 comments: