28 Mar 2016

Macam - macam badal ~ باب البدل

بسم الله
الحمد لله
والصلاة والسلام على رسولله

Badal artinya pengganti, isim diganti isim, fi'il diganti fi'il yang semua i'robnya mengikuti kata yang diganti. macamnya ada empat.

  1. Badalusy syaii minasy syaii ( semua diganti semua ). Contoh : قل المألف العالم المهدث هكذا و هكذا، berkata penulis aalim muhadditsu begini dan begini. Muallifu dan aalimu dan muhadditsu itu sama saja kedudukannya. Karena muallifu itu faa'il, maka penggantinyapun juga terkena hukum i'rob faa'il. Jika kata aslinya marfuu semua badalnya ikut marfuu'.
  2. Badalul ba'dhi min kulli (gantinya sebagian dengan bagiannya). أكلتُ الرغيف ثُلُثَهُ، aku memakan sepertiga -dari- adonan roti.
  3. Badal isytamsal ( suatu milik sebagai ganti ). نفعني زيدٌ عِلمُهُ. Ilmu-milik-nya zaid telah memberikan manfaat kepadaku. Ilmu sebagai badalnya zaid i'robnya dihukumi sama. Marfuu'.
  4. Badal gholath ( mengganti ketika terjadi kekeliruan dalam menyebutkan kata dengan kata yang lain ). درس علي نحو تجويدا    .           Aliy belajar nahwu tajwid. Ketika seseorang ingin mengatakan "aliy belajar tajwid" tetapi keliru mengucapkan nahwu, maka kata pengganti yang diucapkan setelahnya mempunyai i'rob yang sama.










 والله اعلام

0 comments: